Manfaat Menulis Dengan Tangan

Pada jaman serba mudah dan gampang ini, kegiatan ‘menulis’ bisa dikatakan lebih banyak dilakukan dengan gadget atau komputer dibandingkan dengan tangan. Mulai dari anak sekolah sampai orang dewasa lebih banyak menghabiskan waktunya menulis dengan komputer atau gadget. Padahal jauh sebelum itu, kegiatan menulis dilakukan dengan tangan.

Semua orang bebas untuk menulis. Menulis dapat dilakukan kapan saja dan untuk tujuan apa saja. Menulis juga tidak kenal usia dan jenis kelamin, semua orang bebas untuk menulis dan menuangkan segala pikirannnya.

Saat kita mempunyai ide atau gagasan baru, maka kita bisa menuliskannya untuk bisa dikembangkan selanjutnya. Saat kita punya masalah tapi tidak bisa berbicara, maka kita dapat menuliskannya. Memang tidak akan menyelesaikan masalah, tapi itu membantu membuat pikiran kita menjadi tenang dan lebih positif.

Menulis dalam kertas bukanlah suatu hal yang kuno karena menulis dengan tangan memiliki manfaat positif. Kita bisa memulai dengan tulisan-tulisan ringan tentang kehidupan sehari-hari ataupun menumpahkan unek-unek di dalam diary. Bisa juga jika hanya untuk bercerita kehidupan keseharian lalu kita menuliskannya dalam kertas.

Beberapa manfaat menulis dengan tangan diantaranya adalah menulis dapat membantu mengorganisasikan pikiran dan bisa mendorong untuk berpikir lebih aktif, membuat kita lebih kreatif dan bisa mengenali kemampuan dan potensi diri, menulis dapat membantu menyerap dan menguasai info baru, membantu mengembangkan berbagai gagasan serta mengungkapkannya secara tersurat, dan menulis juga bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk orang yang membaca.

Menulis dapat mengkoordinasikan otak kiri dan otak kanan sehingga dapat meningkatkan kemampuan otak, selain itu juga dapat meningkatkan memori otak karena dengan menulis akan meninggalkan jejak memori yang mendorong kemampuan visual dalam mengenal huruf dan angka. Bagian otak yang berkaitan dengan kemampuan berbahasa pun akan lebih aktif dibanding dengan orang yang mengetik dengan keyboard (Kompas 2011).

Dari manfaat-manfaat diatas, tidak ada salahnya kalau kita mulai menulis dengan tangan lagi. Menulis dengan tangan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun selama kita mempunyai pena dan kertas. Dengan menuliskan kisah atau pengalaman kita diatas kertas, tulisan kita dapat menjadi abadi dan dan dapat dibaca oleh semua orang—termasuk keluarga dimasa depan. Jadi, mulailah menulis dengan tangan karena tidak ada alasan untuk tidak melakukannya. Ayo menulis sekarang juga!

Sumber:

http://health.kompas.com/read/2011/01/25/16075235/menulis.dengan.tangan.baik.untuk.otak

http://www.merdeka.com/sehat/5-manfaat-menulis-dengan-tangan-untuk-otak.html

Iklan

2 thoughts on “Manfaat Menulis Dengan Tangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s